Gogo Update
Waspada Virus Ransomware WannaCry! Begini Cara Antisipasinya

Waspada Virus Ransomware WannaCry! Begini Cara Antisipasinya

Virus Ransomware Wannacry sedang viral di media social sejak sepekan yang lalu dan sampai saat ini masih menjadi momok yang mengkhawatirkan netizen, banyak sekali korban yang sudah dilumpuhkan oleh virus tersebut dari hal yang biasa sampai dengan hal yang melembaga. 

Apa sih Virus Ransomware WannaCry Itu?
Penjelasan Singkatnya mengenai Ransomware adalah sebuah virus yang bikin kamu tidak akan bisa menggunakan PC atau laptop secara normal. Gejalanya seperti Windows tidak bisa diakses, semua file dienkripsi sehingga tidak bisa dibuka dan beberapa aplikasi yang ada tidak bisa bekerja (salah satunya web browser). Tidak hanya itu, apabila didalam pc atau laptop kamu memiliki data yang berharga, mereka (hacker) pun tak segan untuk meminta sejumlah uang via bitcoins untuk mengembalikan akses ke file-file yang dienkripsi tadi. Yup, dibulan mei ini, virus ransomware disebut sebagai salah satu metode pemerasan baru di dunia maya!

Data yang paling sering diambil adalah data password yang tersimpan di device pc atau laptop yang digunakan untuk login di account social media atau account bank, virus tidak hanya memproteksi yang menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses, tetapi juga mengambil data akses tersebut untuk digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang diketahui dari berita yang beredar, Virus Ransomware Wanacry ini sudah tersebar di 99 Negara dan Indonesia termasuk negara didalamnya. Lalu apakah ada cara untuk menghindari virus ini?

Seperti pepatah, banyak jalan menuju roma.
Berikut adalah  Langkah yang harus kamu lakukan untuk menghindari Virus Ransomware Wannacry:

1. Backup Data
Pertama yang harus kamu lakukan adalah backup semua data berharga kamu ke media penyimpanan seperti Flashdisk atau Hardisk, dengan media penyimpanan ini akan memberikan proteksi yang lebih untuk data kamu karena tidak terkoneksi dengan Internet.

2. Selalu Waspada dan Curiga oleh Link Hidup (Hyperlink)
Langkah selanjutnya adalah, disaat kamu sedang berselancar ria di dunia maya, tanamkan sikap untuk selalu waspada pada setiap link hidup atau hyperlink yang selalu ada di dunia maya, jangan diklik dan jangan penasaran dengan apa yang diarahkan pada link tersebut, langsung tinggalkan saja karena link hidup tersebut bisa saja virus Ransomware. serem!

3. Install atau Update Anti Virus
Langkah terakhir yang harus kamu lakukan agar tidak terkena virus ransomware adalah dengan Install dan Update Anti Virus di PC atau Laptop kamu agar lebih memastikan keamanannya.

4. Update Password Secara Berkala
Sebagai bentuk pencegahan agar lebih aman, diharapkan kamu juga mengupdate secara berkala password account kamu yang terhubung di PC atau Laptop kamu yang untuk Account Google Mail, Social Media dan khususnya password kamu di gogobli.com.

Ketiga langkah diatas wajib dilakukan untuk menghindari virus Ransomware Wannacry agar data kamu aman, apabila kamu sudah terkena virus. Pihak Ransomware WannaCry akan menuliskan pesan pemerasan dengan agar para korban mau membayar sejumlah uang untuk mendapatkan kembali akses ke dalam data. Namun pemerintah, menghimbau kepada para korban agar tidak membayar uang tebusan yang diminta. 

Hal ini karena usai membayar tebusan belum berarti data-data yang disandera akan bisa langsung didapatkan kembali. Biasanya para hacker akan mengulur waktu dan meminta tebusan tambahan. 

Itulah beberapa informasi dan langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah serangan Ransomware WannaCry. Dengan cara mem-backup dan mengupdate, kalian bisa segera memulihkan data dan mencegah serangan virus jahat tersebut.

Himbauan untuk seluruh member Gogobli.com agar melakukan antisipasi dengan melakukan langkah - langkah diatas dan yang paling penting adalah segeralah untuk melakukan update password pada account disosial media dan gogobli.com. Karena segala bentuk hack yang dilakukan pihak luar bukan menjadi tanggung jawab Gogobli.