Gogo Update
Teh si Minuman Nikmat Dengan Beragam Manfaat.

Teh si Minuman Nikmat Dengan Beragam Manfaat.

Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia Sinensis dengan air panas. Teh merupakan sumber alami kafeina, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan dari teh itu sendiri.

Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati disebut teh melati atau teh wangi melati yang merupakan jenis teh paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh dibawah negara-negara lain di dunia walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia. Wow!

 
width=

Pengolahan dan Pengelompokan Teh

 

Teh dikelompokan berdasarkan cara pengolahan. Daun teh Camellia Sinesis segera layu dan mengalami oksidasi kalau tidak segera dikeringkan setelah dipetik. Proses pengeringan membuat daun menjadi berwarna gelap karena terjadi pemecahan klorofil dan terlepasnya unsur tanin. Proses selanjutnya berupa pemanasan basah dengan uap panas agar kandungan air pada daun menguap dan proses oksidasi bisa dihentikan pada tahap yang sudah ditentukan.

Pengolahan daun teh sering disebut fermentasi walaupun sebenarnya penggunaan istilah ini tidak tepat. Proses teh tidak menggunakan ragi dan tidak ada etanol yang dihasilkan seperti layaknya proses fermentasi yang sebenarnya. Pengolahan teh yang tidak benar memang bisa menyebabkan teh ditumbuhi jamu yang mengakibatkan terjadinya proses mengandung unsur racun dan unsur bersifat karsinogenik.

Pengelompokan teh berdasarkan tingkat oksidasi:

width=

  1. Teh Putih

Teh yang dibuat dari puncuk daun yang tidak mengalami proses oksidasi dan sewaktu belum dipetik dilindungi dari sinar matahari untuk menghalangi pembentukan klorofil. Teh putih diproduksi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan teh jenis lain sehingga harga menjadi lebih mahal. Teh putih juga kurang terkenal di luar Tiongkok walaupun secara perlahan-lahan teh putih dalam kemasan celup mulai populer.

 
width=

  1. Teh Hijau

Daun teh yang dijadikan teh hijau biasanya langsung diproses setelah dipetik. Setelah daun mengalami oksidasi dalam jumlah minimal, proses oksidasi dihentikan dengan pemanasan. Teh yang sudah dikeringkan bisa dijual dalam bentuk lembaran daun teh atau digulung rapat berbentuk seperti bola-bola kecil.

 
width=

  1. Teh Oolong

Proses oksidasi dari Teh Oolong dihentikan di tengah-tengah antara teh hijau dan teh hitam yang biasanya memakan waktu dua hingga tiga hari.

 
width=

  1. Teh Hitam atau Teh Merah

Daun teh dibiarkan teroksidasi penuh sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Teh hitam merupakan jenis teh yang paling umum di Asia Selatan.

 
width=

Manfaat Teh

 

Tanpa disadari teh memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh, seperti:

  1. Teh untuk melarutkan lemak. Ini karena teh mengandung essential oil yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan melarutkan lemak.
  2. Teh untuk menurunkan berat badan. Ini berlaku pada teh hijau yang dapat mengganggu pembentukan lemak.
  3. Teh untuk mengurangi resiko jantung dan stroke. Kandungan polifenol pada teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
  4. Teh untuk melindungi tulang. Kandungan Phytochemical merupakan zat yang dapat melindungi tulang.
  5. Teh untuk mencegah kanker. Polifenol dan antioksidan dalam teh memiliki efek melawan kanker.
  6. Teh untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lemak yang dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin membantu peningkatan metabolisme pada tubuh.
  7. Teh untuk meningkatkan kesehatan gigi. Polifenol sangat efektif sebagai pembunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi.
  8. Teh untuk menghilangkan kantuk. Kandungan kafein dalam teh dapat mengurangi rasa kantuk bahkan sampai malam hari.
  9. Teh untuk mencegah diabetes. Kandungan kafein dalam teh dapat membantu mengurangi resiko terkena diabetes.
  10. Teh untuk meningkatkan mood. Studi menyimpulkan bahwa mengkonsumis teh hitam dapat menurunkan tekanan darah sistolik.
  11. Teh untuk melawan radikal bebas. Kandungan ORAC yang cukup tinggi pada teh adalah cara untuk menghancurkan radikal bebas.

 

Tidak hanya untuk di minum, teh juga memiliki manfaat lain lho! Adapun manfaat-manfaat dari ampas teh yang mungkin tidak banyak diketahui:



width=
 

  1. Ampas teh membantu menghilangkan kantung mata.
  2. Ampas teh sebagai lulur mandi.
  3. Ampas teh sebagai masker wajah.
  4. Ampas teh membantu memulihkan kulit yang terbakar matahari.
  5. Ampas teh membantu rambut lebih berkilau.
  6. Ampas teh membantu mengobati bisul.
  7. Ampas teh membantu menghilangkan bau tidak sedang pada lemari es.
  8. Ampas teh membantu mengencangkan kulit.
  9. Ampas teh membantu wajah terlihat awet muda.
  10. Ampas teh membantu dan menghilangkan gatal serta bekas gigitan nyamuk.
  11. Ampas teh membantu menghilangkan ketombe.

 

Jadi, teh tidak hanya bisa dinikmati tapi juga bisa dirasakan manfaatnya. Maka dari itu jangan lupa minum teh dan rasakan manfaatnya, yah, #GogoFriends!