Gogo Update
Sekali Seumur Hidup, Kamu Harus Traveling Seorang Diri. Ini Alasannya...

Sekali Seumur Hidup, Kamu Harus Traveling Seorang Diri. Ini Alasannya...

Hai, #GogoFriends!

Kali ini #Gogobli akan membahas tentang traveling, kenapa kamu harus traveling seorang diri minimal sekali seumur hidup, dan kota di Indonesia yang aman untuk di datangi. Mau tahu apa saja? Yuk, baca sampai habis!

width=

Traveling Itu...

Dalam bahasa Indonesia, Traveling itu adalah aktivitas melancong: berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan berbagai alasan. Entah memang untuk berlibur, pelarian, atau sekedar mencari identitas diri. Dalam sudut pandang yang lain, traveling adalah sebuah cara untuk membuka wawasan dan memperluas pengetahuan dengan mengunjungi tempat baru serta mencoba mencoba berinteraksi dengan objek disekitar.

Beberapa orang menganggap kegiatan traveling adalah kegiatan yang menguras kantong. Tentu bisa dianggap benar, tapi apa yang di dapat dari traveling justru lebih mahal. Hal-hal baru yang di dapatkan jelas tidak bisa diperkirakan dengan nominal. Itu yang membuat travelling menjadi suatu kegiatan yang wajib dilakukan, apalagi seorang diri, minimal sekali seumur hidup.

width=

Alasan Harus Traveling Seorang Diri

Traveling seorang diri memang terdengar menakutkan, tapi teman perjalanan yang terbaik adalah diri kita sendiri. Traveling seorang diri biasa disebut dengan Solo Travel. Ini lebih mudah dilakukan, lebih bebas, dan tentunya akan mendapatkan pengalaman yang jauh lebih luar biasa.

Dalam beberapa tahun belakangan, ketertarikan akan Solo Travel meningkat tajam. Buat kalian yang mau coba tapi masih ragu mungkin harus diyakinkan dengan alasan-alasan yang akan #Gogobli bagi buat kalian. Berikut adalah 10 alasan kenapa kamu harus Solo Travel:

  1. Solo Travel: membuat kita lebih mudah menyusun rencana perjalanan.

Travelling bersama teman memang mengasyikan, tapi resikonya banyak hal-hal yang kadang jarang sekali direalisasikan. Ini karena setiap orang memiliki jadwal masing-masing, budget berbeda, dan ketertarikan akan objek wisata yang juga jelas berbeda. Jadi, pergi dan mulailah mencoba untuk Solo Travel. Rasakan setiap pengalaman perjalanan yang diinginkan.

  1. Solo Travel: semua waktu adalah ‘me time

Solo Travel menawarkan ruang dan waktu yang bisa dinikmati oleh diri kita sendiri. Disamping itu Solo Travel juga akan membuka fikiran tentang masa depan dan hal apa yang ingin di lakukan. Tidak hanya itu, Solo Travel juga bisa menemukan kita atas jawaban dari permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi. Jadi, Solo Travel bisa menjadi solusi untuk mengenal diri sendiri dan intropeksi.

  1. Solo Travel: kita adalah raja dari perjalanan yang kita buat.

Traveling itu harus dilakukan dengan santai dan tidak ada traveling yang lebih santai dari traveling yang dilakukan sendiri. Bahkan, kita tidak harus merencanakan hal yang ingin dilakukan. Solo Travel bisa melakukannya dengan spontan.

  1. Solo Travel: mendapat teman baru.

Yang ditakutkan ketika melakukan Solo Travel adalah kesepian, tapi ini bisa diatasi kalau kamu mau beriteraksi dan bersosialisasi pada masyarakat setempat. Selain menambah teman, hal ini juga menambah wawasan.

  1. Solo Travel: pengalaman yang didapat lebih berarti.

Menlain hubungan dengan seseorang dari tempat baru akan memberikan pengalaman yang terasa lebih mendalam. Pengalaman itulah yang cenderung bertahan lebih lama, #GogoFriends!

  1. Solo Travel: menumbuhkan rasa percaya diri.

Saat memulai perjalanan seorang diri sudah pasti merasa gugup, tapi setelah perjalan selesai ada hal yang bisa membuat lebih percaya diri karena sudah berhasil menaklukan rasa gugup itu sendiri. Ini karena selama melakukan perjalanan, kamu hanya mengandalkan diri kamu sendiri.

  1. Solo Travel: menjadi Traveler yang lebih baik.

Bepergian seorang diri membuat kita menjadi seseorang pengamat orang lain dab tempat sekitar yang baik, yang pada akhirnya membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan lebih peduli. Menjadi Solo Travel berarti sudah siap menjadi ‘Orang Luar’ yang harus berinteraksi dengan suatu tempat baru yang dimana membuat kita harus menyesuaikan diri. Perubahan-perubahan itulah yang juga membuat perubahan positif bagi diri sendiri.

  1. Solo Travel: menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Uang selalu menjadi salah satu masalah ketika ingin melakukan traveling terlebih setiap orang memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang berbeda. Jadi, ketika melakuan Solo Travel, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan antara penjalanan dengan uang yang dimiliki.

  1. Solo Travel: mendapatkan kepuasan lebih di akhir perjalanan.

Ketika pergi sendiri, resiko kecewa cenderung berkurang karena yang diutamakan tentu kebahagiaan pribadi. Ketika melakukan Solo Travel kita sendirilah yang mengambil keputusan saat melakukan perjalanan, itulah yang membuat perjalanan tanpa drama dan merupakan hal bagus untuk membuat perjalanan lebih santai serta memuaskan.

  1. Solo Travel: mendapatkan jawaban untuk sebuah pertanyaan penting.

Pertanyaan yang akan terlintas saat akan melakuan Solo Travel adalah ‘apa yang bisa saya lakukan bila saya seorang diri? Setelah melakukan perjalanan, kamu baru bisa mendapatkan jawabannya. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk diri sendiri, seperti kamu bisa melakukan petualangan seru, kamu bisa berfikir akan pergi kemana untuk perjalanan selanjutnya, kamu bisa berkomunikasi dengan orang baru, kamu bisa belajar mengambil resiko, dan banyak hal lainnya. Dalam faktanya, banyak hal yang bisa dilakukan seorang diri dibandingkan bila pergi bersama orang yang sudah dikenal.


width=

Destinasi Solo Travel Aman di Indonesia

 

Bagi kamu yang masih ragu untuk melakukan Solo Travel keluar negeri, kamu bisa coba terlebih dahulu kota-kota aman yang di datangi meski sendirian. Jadi, kamu nggak perlu merasa takut berlebihan.

Berikut sudah #Gogobli list kota-kota apa saja yang cocok untuk kamu melakukan petualangan sendiri, #GogoFriends!

width=

  1. Bandung, Jawa Barat.

Untuk pemula, Bandung bisa menjadi alternatif pertama yang aman dikunjungi seorang diri. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi disini. Mulai dari tempat kuliner, budaya, sampai wisata. Saran transportasi di Bandung juga sudah sangat memadai, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Penginapa dengan harga bervariasi pun bisa kamu dapatkan di kota kembang ini.

width=

  1. Yogyakarta, DIY.

Kota yang masih kental dengan dengan budaya kerajaan ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Luasnya yang hanya 3.185,20 km membuat kamu mudah untuk menjelajahi setiap sudutnya. Selain menawarkan destinasi wisata yang cantik, Yogyakarta juga menawarkan wisata belanja dan kuliner yang tak pernah ada habisnya. Selain itu, ada banyak komunitas-komunitas yang ramah dan bersahabat. Jadi, jangan kaget kalau Yogyakarta akan membuat kamu bahagia dan ingin terus kembali mengunjunginya.

width=

  1. Malang, Jawa Timur.

Malang mejadi tempta persinggahan utama bagi ribuan orang yang ingin mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bukan hanya terdapat berbagai tempat wisata menarik, kota Malang juga menawarkan kuliner yang memanjakan lidah. Banyka tempat kuliner yang terkenal seperti Toko Oen yang merupakan salah satu toko es krim tertua yang sudah terkenal dari zaman kolonial.

width=

  1. Bali.

Sudah puluhan tahun Bali menjadi tujuan wisata terpopuler di Indonesia, bahkan Asia dan dunia. Ketenaran Bali bukan hanya karena alamnya yang indah, tapi juga karena kebudayaannya yang unik dan keramahan dari masyarakat itu sendiri. Dari utara sampai selamat dan timur ke barat, Bali memiliki banyak tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Semua dapat kamu nikmati dengan melakukan Solo Travel.

width=

  1. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Lombok merupakan salah satu kota yang lebih tenang dibandingkan dengan Bali, meski begitu ada banyak pantai indah yang bisa kamu nikmati. Tidak hanya pantai, Lombok juga menyediakan gunung dan beberapa air terjun yang dapat memanjakan mata.

width=

  1. Ende, Nusa Tenggara Timur.

Terkenal dengan Taman Nasional Gunung Kelimutu, Ende sudah lama menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan yang ingin Solo Travel ke pulau Flores. Dari sisi wisata sejarah, Ende memiliki ruamh Rumah Pengasingan Bung Karno yang masih terawat sampai saat ini.

width=

  1. Medan, Sumatera Utara.

Medan adalah titik awal bagi wisatawan asing dalam menjelajahi Indonesia. medan bukan hanya kota terbesar ketiga di Indonesia, tapi juga tempat bersejarah bagi industri kopi dan tembakau.

Jadi, gimana? Apa #GogoFriends tertarik untuk melakukan Solo Travel?