Gogo Update
25 Fakta Unik Tentang Lipstick. Kalian Harus Tahu!

25 Fakta Unik Tentang Lipstick. Kalian Harus Tahu!

Lipstick adalah salah satu kosmetik yang telah menjadi bagian dari hidup wanita sepanjang masa. Sejak ribuan tahun Sebelum Masehi hingga kini, lipstik menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari wanita dan bahkan menjadi senjata utama bagi wanita. Ini karena lipstik bisa jadi salah satu cara perempuan untuk bisa terliat cantik.

Namun, sebelum lipstik menjadi kosmetik wajib perempuan masa kini, ada berbagai mitos dan stigma negatif di dalamnya. Yuk, #GogoFriends, kira cari tahu!

 

Fakta pertama: Lipstick Batu Permata

300 tahun Sebelum Masehi, para wanita di zaman Mesopotamia kuno disebut-sebut sebagai wanita pertama yang menemukan dan mengenakan lipstick. Mereka membuat lipstick sendiri dengan menghancurkan batu permata untuk menghias bibir mereka.

 

Fakta kedua: Lipstick Cleopatra

Salah satu cara membuat lipstick selain menggunakan batu permata adalah dengan bahan yang jadi andalan Cleopatra IV ini. Ratu Cleopatra VII menghancurkan semut dan serangga kemudian mencampurkannya dengan pewarna merah dan lilin lebah untuk mendapatkan lipstick warna merah.

 

Fakta ketiga: Saved By The Queen

Di pertengahan tahun 1500, lipstick mulai disingkirkan oleh wanita kalangan atas karena identik dengan prostitusi dan wanita kelas bawah. Namun, Ratu Elizabeth I mematahakna stigma ini dengan selalu mengaplikasikan makeup wajah dengan warna putih pucar dipadukan dengan lipstick warna merah tua yang terang.

 

Fakta keempat: Praktek Sihir

Lipstick merah menjadi kontroversi di tahun 1770 saat parlemen Inggris meluncurkan peraturan yang menyatakan bahwa lipstick adalah bagian dari praktek sihir. Ini digunakan para penyihir untuk menggoda pria yang sudah berkeluarga.

 

Fakta kelima: Big Screen

Layar TV yang masih hitam putih membuat para aktris harus memulas wajahnya dengan sesuatu yang mencolok agar dapat stand out di layar kaca. Sebuah katalog dari Sears Roebuck (Department Store) menawarkan pemerah pipi dan bibir warna merah tua pekat yang diambil dari serangga. Produk dari Sears Roebuck inilah yang digunakan oleh para aktris untuk memulas bibir.

 

Fakta keenam: Kemasan Tabung Pertama

Maurice Levy menemukan tabung lipstick dari bahan metal pertama di tahun 1915. Sebelumnya, lipstik hanya dibungkus menggunakan kertas sutra yang sangat sulit untuk dibawa dan diaplikasikan.

 

Fakta ketujuh: Mulai Mainstream

Ditemukannya lipstick tube mendorong perusahaan kosmetik seperti Chanel, Guerlain, Elizabeth Arden, Estee Lauder mulai menjual lipstick mereka secara komersial.

 

Fakta kedelapan: Elizabeth Taylor

Elizabeth Taylor, aktris inilah yang membuat lipstick warna meerah menjadi sebuah tren di masanya. Namun, agar menjadi satu-satunya yang stand out, Elizabeth melarang aktris lain di film yang sama untuk memulas bibir dengan warna merah sepertinya.

 

Fakta kesembilan: Populer

Di tahun 1940, perusahaan kosmetik seperti Maybelline dan Revlon laris manis menjual lipstick kepada para wanita berumur 16 tahun keatas yang menjadi pelanggan setia produk mereka.

 

Fakta kesepuluh: Mod & Punk

Setelah sekian lama identik dengan warna merah, warna pastel dan nude menjadi semakin populer di era Mod. Sementara era Punk membawa warna hitam dan ungu gelap dalam jajaran warna lipstick yang bisa juga kita temui di zaman ini.

 

Fakta kesebelas: Maddona

Meski tersingkir oleh warna lain, warna merah kembali berjaya dengan perusahaan besar seperti M.A.C yang memperkenalkan line lipstick pertamanya. Madonna yang saat itu menjadi the ‘it girl’ di masanya (1980-1990) terkenal dengan lipstick merah terangnya.

 

Fakta keduabelas: Writting On The Mirror

Tren adegan menulis di kaca menggunakan lipstick paling ikonik adalah adegan dalam film ‘Butterfield 8’ yang dibintangi Elizabeth Taylor.

 

Fakta ketigabelas: Girl Power

Salah satu iconic scene tentang lipstick dari sebuah film berasal dari film ‘Thelma & Louise’. Cerita tentang petualangan dua wanita yang secara garis bersa bercerita tentang persahabat, cinta, dan lipstick. Sepanjang film banyak produk makeup ditampilkan dan saat Thelma patah hati, Louis membuat lipstiknya dari mobil sebagai simbol kehilangan harapan.

 

Fakta keempatbelas: 999 by Christian Dior

Lipstick warna merah memang mempunyai banyak cerita tentang sejarah Christian Dior as a brand. Kabarnya 999 adalah lipstick pertama yang dipakai di runway show Christian Dior. Dan hingga saat ini menjadi beest-selling lipstick Christian Dior. Karena kepopulerannya, lipstick ini juga disebut dengan nama Iconic.

 

Fakta kelimabelas: $$$

Kabarnya rata-rata wanita menghabiskan $15,000 sepanjang hidupnya untuk makeup. Dan sebesar $1,780 dihabiskan untuk membeli lipstick.

 

Fakta keenambelas: Long Lasting Formula

Wanita masa kini patut berterimakasih pada Hazel Bishop seorang ahli kimia. Berkat dirinya formula untuk lipstick tahan lama berhasil ditemukan dan diaplikasikan. Formula ini disempurnakan Hazel Bishop saat bekerja di lab dermatologis setelah perang dunia II.

 

Fakta ketujuhbelas: Lipstick Termahal

Salah satu lipstik termahal di dunia adalah lipstick Guerlain bernama KissKiss Gold and Diamond Lipstick. Dibanderol dengan harga $62,000 dan untuk lisptick versi biasa dijual dengan harga hanya $34 saja. Mahalnya lipstick ini karena tabungnya terbuat dari 110 gram emas 18 karat dan ditempel 199 pertama untuk memberikan efek sparkling.

 

Fakta kedelapanbelas: Bahan-bahan Unik

Sejak ditemukannya, lipstick mempunya formula bahan beraneka ragam sumbernya. Bahkan dulu pernah dibuat dari bahan beracun. Selain lemak hewan, keringat domba dan sumsum lembu juga pernah dipakai sebagai bahan dasar pemerah lipstick. Bahan lain yang masih dipakai hingga saat ini untuk membuat lipstick bersinar adalah sisik ikan.

 

Fakta kesembilanbelas: Berkhasiat

Menurut orang-orang di tahun 1500an, lipstick adalah barang sakti yang dapat mempunyai kekuatan penyembuh. Bahkan Ratu Elizabeth dikabarkan adalah sala satu yang percaya akan khasiat lipstick dan minta dipulas lipstick setebal setengah inch saat kematiannya.

 

Fakta keduapuluh: Daya Tarik

Elemen pada lipstick selalu sukses menarik perharian orang-orang disekelilingnya. Hal ini di dukung oleh penelitian di Universitas Manchester yang dimana pria ternyata memperhatikan wanita yang mengenakan lipstick lebih lama dibanding wanita yang tidak menggunakan lipstick.

 

Fakta keduapuluhsatu: 7,3 Detik

Masih dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Manchester, ditemukan hasil bahwa pria memandang wanita dengan lipstick merah selama 7,3 detik. Wanita dengan lipstick warna pink selama 6,7 detik dan yang tidak mengenakan lipstick selama 2,2 detik.

 

Fakta keduapuluhdua: Cosmatae

Cosmatae adalah istilah di zaman Romawi Kuno untuk para makeup dan hairstylist yang bertugas mendadani wanita kelas atas. Salah satu tugasnya adalah memulas lipstick ke para wanita setiap hari.

 

Fakta keduapuluhtiga: Emansipasi Wanita

Lipstick adalah lambang perjuangan. Feminis New York di tahun 1912 mencat bibir mereka sebagai simbol emansipasi dan berkampanye di reli NYC Suffragette untuk meningkatkan awareness akan kesetaraan gender.

 

Fakta keduapuluhempat: Favorit Presiden Amerika

Salah satu Presiden Amerika Serikat, yang adalah seorang pria, ternyata gemar memakai lipstick. Hal ini semakin diperkuat dengan fakta yang terlihat di setiap lukisannya yang dimana dirinya selalu digambarkan dengan bibir berwarna. Presiden Amerika Serikat itu adalah George Washington.

 

Fakta keduapuluhlima: The Power of Red

Meski banyak warna lain bermunculan sepanjang sejarah, warna merah tidak akan tergantikan. Hingga sekaran banyak selebritas yang menjadikan warna merah menjadi ciri khasnya. Sebut saja Gwen Stefani, Ratu Burlsque, dan Dita Von Teese.

 

Gimana #GogoFriends tentang 25 fakta unik tentang lipstick yang pasti nggak banyak kalian tahu. Semoga artikel ini bermanfaat, yah!

Jangan lupa untuk tetap membeli lipstick dan produk kecantik di Gogobli.com karena cuman di Gogobli.com yang punya produk dengan harga paling oke dan promo menggiurkan buat kalian.

Sampai ketemu lain waktu, #GogoFriends!