Gogo Update
Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT), Agar Tidak Salah Konsumsi Obat!

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT), Agar Tidak Salah Konsumsi Obat!

Hai, GogoFriends!

Bicara soal masalah kesehatan tidak akan pernah ada habisnya, salah satu penyebab masalah kesehatan di masyarakat adalah penggunaan obat secara tidak rasional yang dapat mengakibatkan terapi kurang efektif dan efisien. Penggunaan obat yang tidak rasional tersebut adalah penggunaan antibiotik secara tidak bijak yang mengakibatkan resistensi (kekebalan bakteri) dan swamedikasi (pengobatan sendiri) secara tidak tepat oleh masyarakat.

Menurut WHO 2005, lebih dari 50% obat diresepkan dan digunakan secara tidak tepat. Jika bakteri telah resisten terhadap semua antibiotik, maka tidak ada lagi antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit infeksi. Maka dari itu antibiotik harus di habiskan.

Upaya menyadari kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar. Maka dibuatlah Program Kemenkes melalui Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan meluncurkan gerakan nasional yang diberi nama GeMa CerMat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat).

Tujuan GeMa CerMat adalah:

1# Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar.

2# Meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar.

3# Meningkatkan penggunaan obat secara rasional.

 

Antibiotik Bukan Untuk Menyembuhkan Penyakit.

Antibiotik bukan untuk menyembuhkan penyakit karena antibiotik hanya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri, tidak berefek pada virus atau jamur.

Antibiotik dibutuhkan oleh bakteri jahat. Bakteri jahat yang menyebabkan infeksi seperti infeksi paru-paru, infeksi pencernaan, dan lain-lain. Maka dari itu gunakan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri bukan mencegah penyakit.

Sebagian besar penyakit tumbuh dengan sendirinya, seperti flu, batuk pilek, ataupun demam berdarah. Penyakit tersebut tidak membutuhkan obat atau antibiotik karena penyebabnya dari virus.

Agar tubuh tidak terkena virus, lakukan istirahat yang cukup, olahraga, banyak minur air, dan luangkan waktu untuk menghirup udara pagi.

 

Tidak Semua Penyakit Butuh Obat.

Manusia sudah memiliki mekanisme pertahanan tubuh yang luar biasa yang diberi oleh sang pencipta.

Perlu diketahui bahwa batuk pilek merupakan cara tubuh untuk melindungi paru-paru dari menumpuknya lendir. Diare atau muntah merupakan cara tubuh kita untuk membuang zat-zat beracun dari perut. Jadi tidak perlu obat namun butuh oralit untuk diare.

 

Perbedaan Bakteri dan Virus.

Bakteri itu besar dan bisa berkembangbiak sedangkan virus lebih kecil dan tidak bisa berkembangbiak serta tidak bisa dibunuh dengan antibiotik.

Gunkana obat secara tepat dan baca informasi dengan cermat mulai dari komposisi, indikasi, dosis dan cara pakai, efek sampipng, kontra indikaksi, dan tanggal kadaluarsa. Obat itu seperti pedang bermata dua ada efek baik dan buruknya jadi sebagai pasien harus cerdas menggunakannya.

Seperti minum obat, minum obat tidak kali sehari dan tahu jam berapa obat selanjutnya. Pasien pun harus mengetahui penggolongan warna yang tertera pada obat, terutama obat bebas tanpa perlul resep dokter. Penggolongan obat, lingkaran warna merah ditambah huruf K merupakan obat keras. Lingkaran warna hijau obat bebas dapat dibeli tanpa perlu resep dokter. Lingkaran biru obat bebas terbatas tanpa perlu resep dokter.

Dengan informasi ini diharapkan masyarakat semakin bijak dalam menggunakan obat. Jangan sedikit-sedikit menggunakan obat atau antibiotik. Semoga dengan adanya gerakan nasional GeMa CerMat masyarakat juga lebih cerdas sekaligus dapat mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.