Gogo Update
3 Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

3 Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

Setelah berolahraga kerap kali setiap orang merasakan nyeri otot, memang pada dasarnya tidak berbahaya namun keluhan ini kadang menimbulkan kekhawatiran adanya cedera yang serius. Bisanya nyeri otot timbul disaat seseorang sudah dalam jangka waktu panjang tidak melakukan kegiatan olahraga atau mencoba jenis olahraga baru.

Dalam istilah medis, nyeri dan kaku otot yang muncul setelah berolahraga disebut delayed onset muscle soreness atau DOMS, Orang yang jarang melakukan pemanasan atau tidak melakukan pemanasan dengan baik sebelum berolahraga memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami DOMS.

3 Tips untuk Meringankan Nyeri Otot Setelah Berolahraga :

1. Pemijatan lembut
Pijatan ringan dan lembut di bagian tubuh yang nyeri terbukti dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang saraf, sehingga mengurangi rasa sakit dan pembengkakan otot. Jika diperlukan gunakan Hot In Cream untuk melemaskan otot dan menyembuhkan berbagai macam gangguan pegal, otot, dan linu.

2. Kompres dingin atau hangat
Jika nyeri baru muncul dan terdapat sedikit pembengkakan pada otot, Anda bisa mengompresnya dengan kompres dingin selama 10-15 menit.

3. Memperbanyak istirahat
Untuk membantu pemulihan otot, Anda dianjurkan untuk tidur selama 8-9 jam sehari dan mengonsumsi makanan tinggi protein.


Jika gogofriends ingin menghindari nyeri otot setelah olaharaga, ada baiknya melakukan olahraga dengan rutin dan jangan meningkatkan intensitas olahraga secara drastis. Jika ingin menambah intensitasnya, lakukan secara bertahap. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan yang cukup sebelum olahraga dan melakukan peregangan atau pendinginan setelahnya. Semoga bermanfaat gogofriends!!